Wikipedia

Hasil penelusuran

Change Background of This Blog!



Pasang Seperti Ini

Kamis, 31 Oktober 2013

Wailing Wall = Wall Facebook


Saat ini siapa yang tidak mengenal Social Network Facebook? Pasti jawabannya mengenal dan mampu menggunakannya baik secara positif maupun negatif, mulai dari orang yang berumur 5 tahun sampai orang yang berumur 40 tahun pasti mempuya acount Facebook baik satu maupun lebih dari satu. tapi apakah anda tahu bahwa Fitur yang ada di Facebook hampir sama dengan ritual keagamaan kaum yahudi?. mungkin tidak banyak orang mengetahui tentang fakta ini. di kesempatan ini saya akan mencoba untuk membuka fakta yang saya temukan sendiri.
the wailing wall apabila di terjemahkan kedalam bahasa indonesia artinya adalah tembok ratapan dan saya lebih menyukai menyebut wailing wall dengan sebutan tembok galau. the wailing wall ini terletak di israel, di situ merupakan tempat yang disucikan oleh para kaum yahudi yang ada di seluruh dunia. the wailing wall tepatnya terletak di antara masjid Al-Aqsa tempat yang di sucikan juga oleh kaum muslim di seluruh dunia dan lebih hebatnya lagi the wailing juga berdekatan dengan gereja yang ada di yerussalem gereja ini juga tempat yang di sucikan oleh umat kristen setelah gereja-geraj yang ada di vatikan maupun roma. mungkin orang-orang bertanya apa hubungannya wall di facebook dengan the wailing wall, nah disinilah titik termenarik menurut saya. apakah anda pernah melihat kaum yahudi dalam melakukan ritual keagamaan?. jika belum saya akan menceritakan sedikit tentang ini. dalam melaksanakan ritual keagamaannya kaum yahudi di seluruh dunia berbondong-bondong datang ke israel hanya untuk menuju ke wailing wall. Tak disangkan kaum yahudi dalam melaksanakn ritualnya berbeda dengan yang lainya, mereka hanya menuliskan sesuatu di selembar kertas kemudian kertas itu di tempel di wailing wall dan mereka akan meratapi apa yang telah mereka tulis di selembar kertas yang ditempelkan di sebuah tembok sambil menangis tersedu-sedu. menurut saya ritual ini sama dengan istilah wall di facebook, bisa kita lihat banyak orang ber-galau ria dengan status-status yang bisa membuat seseorang menangi, sakit hati, marah, bahkan tak jarang orang bisa bunuh diri karena tulisan sepele di wall facebook.

tapi apalah yang bisa kita lakukan sekarang ini kita tidak mungkin untuk meninggalkan jejaring sosial di jaman ini karena cukup membantu kita dalam mencari informasi, bahkan ada juga yang menggunakan facebook untuk media bisnis. mungkin tindakan menutup akun facebook bukanlah tindakan paling bijak namun menggunakan facebook dengan bijak dan penuh dengan kesadaran mungkin saja facebook akan sangat bermanfaat.
jadi apa yang akan kalian lakukan setelah membaca artikel ini ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar